Generasi AHY dan Puan, Dinamika Baru 2 Klan Politik

momentum lebaran

topmetro.news – Pengamat Komunikasi Politik Universitas Telkom Dedi Kurnia Syah menilai, silaturahmi Ketua Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke rumah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada saat momentum Lebaran kemarin, tetap berdampak politis. Menurut Dedi, silaturahmi tersebut tidak bisa dipisahkan dari aktivitas politik kedua klan politisi tersebut.

“Pertemuan dua klan politik, meskipun tidak secara teknis berurusan dengan politik, ia tetap saja bermuatan politis. Karena komunikasi politik itu dinamis. Tidak saja apa yang terlihat, tetapi memuat apa yang menjadi impact atau tujuan tersembunyi,” ujar Dedi Jumat (7/6/2019).

Posisi SBY

Meskipun dalam momentum Lebaran, kata Dedi, pertemuan tersebut disinyalir akan berdampak politis. Terlebih selama ini hubungan SBY dan Megawati terbilang buntu. Dedi menilai akan ada hubungan baru yang dibangun melalui generasi AHY dan Puan Maharani sebagai penerus Keluarga Demokrat dan PDIP.

“Tentu sisi baiknya adalah silaturahmi yang sengaja dibangun. Hanya saja naif jika tidak melihat pertemuan ini berimbas politik kedua klan tersebut,” tutur dia.

Selain itu, Dedi beranggapan pertemuan tersebut menguatkan jalan pikiran SBY sejauh ini bahwa Partai Demokrat tidak benar-benar berada di kubu koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Membaca aktivitas dan statemen SBY sejauh ini, lebih banyak bertolak belakang dengan apa yang sedang dijalankan Prabowo. Mulai dari menolak model kampanye Prabowo dengan shalat subuh berjamaah. Hingga klarifikasi kesan Prabowo terkait ibu Ani. Dan sekarang dengan harmoni pertemuan Megawati. Tentu, itu cukup menjelaskan SBY berada di seberang Prabowo secara etika politik,” pungkas Dedi.

Sinyal Demokrat

Meski belum secara terang-terangan menyatakan dukungan terhadap Pemerintahan Jokowi, namun kedekatan Keluarga SBY dengan Jokowi, beserta Keluarga Megawati Soekarnoputri belakangan ini merupakan sinyal kuat Partai Demokrat akan merapat ke kubu pemerintah.

Demikian dikatakan Ketua Umum Komunitas Penggerak Ekonomi Rakyat (Koper Jomin) H Ayep Zaki, Jumat (7/6/2019).

Menurut Ayep Zaki, Jokowi merupakan sosok yang terbuka bagi semua kalangan yang ingin membangun Indonesia ke depan. “Apalagi, Pak SBY telah menjabat sebagai presiden 10 tahun. Tentu, SBY dengan senang hati berbagi pengalaman dengan Jokowi untuk memajukan Indonesia,” ujar Ayep Zaki.

BACA JUGA | PKS Yakin Gerindra tak Tergoda Tawaran Jabatan Menteri

Kemarin Rabu (5/6/2019) Agus Hartimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhi Baskoro Yudhoyono (Ibas) bersilaturahmi dengan Jokowi di Istana. Usai bertemu dengan Jokowi, AHY dan Ibas lantas bersilaturahmi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputi di kediamannya.

sumber | beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment